Titik Buta

Bismillah..


Sahabat...

Sebaik-baiknya diri  pasti ada yang tidak menyukai..
Pun sejelek-jeleknya diri  pasti ada yang menyukai..
Setiap orang mempunyai titik buta yang dimana dia sendiri tidak sadar telah melakukan kesalahan.
Karena yang mampu melihat titik buta kita adalah orang lain...
Kita memerlukan cermin diri..

Akan lebih baik ketika seseorang itu salah di ingatkan bukan dibiarkan...
Entah untuk selanjtunya dia akan memperbaiki diri atau tidak atau masih melakukan kesalahan yang sama yang terpenting adalah mengingatkannya tanda kita peduli dengannya :)

Dalam Al Quran surat Al Ashr Allah telah menjelaskan tentang orang yang tidak merugi yakni orang beriman salah satu cirinya adalah orang-orang yang saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran. Artinya setiap diri hendaknya berusaha untuk mengajak pada kebaikan. Mengapa kita harus saling mengingtakan? Iya karena setiap orang mendambakan keselamatan hidup dari kerusakan yang membahayakan dirinya baik lahir maupun batin :)

Sahabat...
Karena bisa jadi orang melakukan kesalahan disebabkan ketidaktahuannya terhadap yang  benar. Maka dari itu harus ada yang memberitahu nya tentang titik buta yang oleh diri tidak diketahui. 
Jangan lah sesuatu kemungkaran yang kita ketahui tetapi kita biarkan,
Rasul  bersabda :
" Demi Zat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh kalian harus memerintahkan kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar, atau Allah akan menimpakan hukuma atas kalian ( karena meninggalkan aktivitas amar ma'ruf nahi mungkar), kemudian kalian berdoa kepada Nya dan tidak dikabulkan Nya ". ( H.R At Trimdzi no 2169) 

Itu lah anjuran kepada kita untuk saling memberitahukan titik buta pada diri yang hanya bisa dilihat dari orang lain....
kita harus memandang dengan kacamata kasih sayang setiap bahwa setiap yang salah  mempunyai hak untuk diingatkan dan sekaligus sebagai peringatan untuk yang menyampaikan

be positif ^_^

" Sesungguhnya apabila aku menasihati kamu, bukanlah berati aku lah yang terbaik dalam kalanganmu, bukan pula yang paling saleh saleha dalam kalangan kamu karena aku juga pernah melampui batas untuk diri sendiri , seandainya seseorang itu hanya dapat menyampaikan dakwah apabila dia sempurna niscaya tidak akan ada pendakwah maka akan jadi sedikitlah orang yang memberi peringatan." ( Hasan Al Basri)

 Dari Anas r.a dari Nabi sahalallahu 'alaihi wasalam beliau bersabda," Orang yang menunjukkan kepada kebaikan adalah seperti orang yang mengerjakannya. Dan Allah menyukai seseorang ynag membantu orang lain dalam kesulitan" ( H.R Bazzar)




 Berlomba-lomba lah dalam kebaikan meskpiun diri ini belum baik  agar langkah kita senantiasa dalam kebaikan

Barakallahu Fii kum

Depok, 5 Desember 2016

Ruri-Rie

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sebenarnya Cinta- Letto

Ibu Rumah Tangga

Ayat Favorit ( Al Quran Surat Al Fatir : 15 )